JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.2

 


JURNAL  REFLEKSI  DWI MINGGUAN 
MODUL 3.2


OLEH : Rina Agustina
CP  ANGKATAN 7  KAB.GARUT


What ?


Hal yang saya pelajari pada modul 3.2 adalah terkait Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

Sekolah sebagai ekosistem pendidikan adalah sebuah bentuk interaksi antar faktor biotik dan abiotik. Faktor abiotik antara lain kepala sekolah, guru, serta, pengawas, orang tua siswa, masyarakat sekitar, dinas terkait. Sedangkan faktor abiotik antara lain: keuangan sarana dan prasarana lingkungan alam.

Ada dua pendekatan yang digunakan dalam mengelola sumber daya 
Pendekatan berbasis kekurangan atau masalah ,memusatkan perhatian pada apa yang mengganggu, apa yang kurang dan apa yang berfungsi kurang baik 
Pendekatan berbasis kekuatan atau aset.
 ,memusatkan perhatian pada apa yang berjalan dengan baik yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan atau potensi yang positif.

Pendekatan ABCD Aset based community development (ABCD) yang selanjutnya akan kita sebut dengan pengembangan komunitas berbasis aset (PKBA) menekankan dan mendorong komunitas untuk memberdayakan aset yang dimilikinya serta membangun keterkaitan dari aset aset tersebut agar menjadi lebih berdaya guna.

7 Aset modal diantaranya: Manusia, fisik, sosial, agama dan budaya, politik, lingkungan alam, finansial

Pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya .Pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya merupakan pemanfaatan pada aset-aset sekolah yang dimiliki dan dikelola dengan baik oleh seorang pemimpin pembelajaran sebagai sebuah kekuatan atau potensi sekolah sesuai kodrat alam dan kodrat zaman.



So What? 

Perasaan saya Setelah mempelajari modul 3.2 ini saya sangat bersemangat untuk mempelajari modul sampai dengan bisa mempraktekkannya di sekolah dan sekarang sudah mulai terbentuk growth mindset, bukan lagi fixed mindset. melihat segala sesuatu sebagai suatu peluang dan tidak melihat suatu masalah bukan sebagai kekurangan.

 Now What ? 

Saya harus terus belajar dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk bisa mengimplementasikan pengelolaan sumber daya di sekolah. Dengan keyakinan pemberdayaan aset/kekuatan yang dimiliki , akan mampu mengembangkan segala potensi yang dimiliki tersebut sehingga dapat berhasil guna , efektif dan bermanfaat bagi murid. Pengelolaan sumber daya ini tentunya senantiasa ditujukan bagi suksesnya pendidikan yang berpusat pada murid.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

' Direct / Indirect speech , Questions and command , prohibition '

' Past Tense Vs Present perfect Tense '

"It's time to write Descriptive Text "