JURNAL REFLEKSI LOKAKARYA 5
FACT
Topik yang menjadi pembahasan pada kegiatan Lokakarya 5 Calon Guru
Penggerak Angkatan 7 kabupaten Garut adalah Pemantapan pengelolaan Program yang
berpusat pada murid.
Para CGP , sebagai peserta lokakarya kali ini mendapatkan penguatan
pemahaman dalam pengelolaan Program yang berpusat pada murid tersebut dalam
bentuk kegiatan diskusi, sharing / berbagi pemahaman dan berbagai praktik baik
yang sudah dan sedang dilaksanakan oleh masing-masing CGP dari setiap sekolah
tempat bertugas.
Melalui rangkaian proses pembelajaran CGP selama mengikuti pendidikan guru
penggerak, baik secara daring melalui LMS , maupun dalam menyelesaikan tugas
LMS serta diskusi bersama fasilitator dan instruktur PGP. Terbentuknya
pemahaman menyeluruh terkait dengan makna pendidikan dan mengimplementasikan
pemahaman dengan menyelenggarakan program pembelajaran yang berpusat pada
murid.
Penyelenggaraan pembelajaran yang berpusat pada murid ini, tentunya
diselenggarakan dengan memberdayakan aset/kekuatan yang dimiliki oleh sekolah.
Dengan pengambilan keputusan yang tepat berbasis nilai kabajikan dan berpihak pada
murid. Serta memberdayakan aset /kekuatan yang dimiliki sekolah dengan maksimal.
Muara akhir dari semua rangkaian proses pendidikan yang diselenggarakan di
sekolah adalah terbentukya karakter siswa dengan profil pelajar Pancasila.
FEELING
Saya merasa senang dan bahagia dengan mengikuti Lokakarya 5 CGP ini.
Kegiatan Lokakarya 5 ini diarahkan untuk memantapkan pengetahuan dan
keterampilan penyelenggaraan pendidikan yang berpusat pada murid.
Saya sebagai peserta lokakarya ini, menikmati setiap kegiatan yang
dilaksanakan, mulai dari sesi berbagi pemahaman tentang canvas BAGJA , sesi Ice
breaking, dan sesi presentasi tiap kelompok setelah berdiskusi kelompok dalam
penyususnan program.
Saya merasa bangga dan bahagia ketika program pembelajaran ko kurikuler
yang telah saya susun, terpilih oleh kelompok saya untuk dipresentasikan di
hadapan pengajar praktik dan peserta lokakarya 5 se kabupaten Garut.
Saat berbagai pertanyaan yang diberikan oleh peserta lokakarya berkaitan
dengan presentasi program PISIBUSAN ( Pidato Siswa Membuka Wawasan ) yang telah saya presentasikan. Saat Gallery
walking presentasi tiap kelompok, saya merasa bersemangat memberikan masukan
dan pertanyaan terkait program yang ditunjukan oleh kelompok lain.
Kebanggan saya pada program yang telah tersusun , semakin sempurna ketika
rekan di kelas Lokakarya 5 ini kemudian memberikan masukan untuk penyempurnaa
program PISIBUSAN.
FINDING
Dari kegiatan Lokakarya 5 ini, saya mendapatkan ‘ pencerahan’ berupa hikmah/inti
pelajaran yang kami pelajari dari kegiatan lokakarya ini.
Guru , sebagai bagian penting dalam proses pendidikan di sekolah, tentunya
memilki pengaruh dan memegang kunci kendali penyelenggaraaan proses pendidikan
murid. Maka, guru hendaknya senantiasa berpegang teguh pada filososfi
pendidikan dengan makna mendidik. Setelah pemahaman ini terbentuk dengan baik
pada diri guru, maka keputusan pengelolaan penyelenggaraan kegiatan pendidikan
akan terarah dan berpusat pada murid. Dalam pengembangan kepemimpinan muird
ini, penyusunan sebuah program tentunya menjadi sebuah bentuk pilihan yang
mengkoordinasikan semua fiahak di sekolah. Serta program yang memantik kolaborasi
darai setiap warga sekolah untuk
mengembangkan potensi warga sekolah .
Kolaborasi utama yang perlu diperkuat pada penyelenggaraan kegiatan ini,
berawal darai sebuah kegiatan yang
melibatkan semua warga sekolah, seperti guru, siswa, dan para stakeholder
sekolah. Perlunya dilakukan kesepakatan penyususnan program ini dengan berawal
dari penyususnan visi dan strategi pencapaiannya. Dengan melibatkan seluruh
warga sekolah dalam pendidikan, sekolah memliki pijakan dlam melaksanakan
kegiatan ini, serta mengelaborasikan pemahaman pada semua warga sekolah. Siswa,
sebagai peserta yang mengikuti pendidikan pada kegiatan ini, juga merasa
memiliki program tersebut, karena pelibatan murid pada perencanaan , sangat
memberikan ‘ruang’ bagi siswa untuk menyuarakan dan pilihannya sehingga potensi
murid berkembang dengan sanagat baik.
Inti dari kesuksesan setiap program pendidikan yang berpusat pada murid
adalah koordinasi dan kolaborasi. Bagaimana setiap elemen yang terlibat di sekolah
, menggunakan perannya masing-masing sebagai sebuah kontribusi positif bagi
suksesnya program tersebut.
Sekolah sebagai sebuah ekosistem yang saling mempengaruhi ,baik faktor
biotik maupun faktor abiotik. Tentunya , pandangan sekolah sebagai sebuah
ekosistem tersebut, akan semakain menguatakan setiap elemen atau warga sekolah
untuk berinteraksi sosial dengan lebih baik lagi pada tataran penyuksesan
program pembelajaran yang berpusat pada murid.
FUTURE
Dengan pemahaman keseluruhan pada proses pembelajaran selama mengikuti
kegiatan pada Lokakarya 5 ini, para CGP sebagai peserta hendaknya memiliki
semanagt tinggi untuk mampu mengimplementasikan program yang telah disusun
tersebut menjadi sebuah kegiatan yang nyata di sekolah.
CGP dapat melaksanakan kegiatan tersebut dengan mengikuti setiap langkah
mulai dari tahap membuat pertanyaan dengan berdiskusi dengan berbagai pihak di
sekolah, harapannya, hal ini akan mampu meningkatakan pemberdayaan
aset/kekuatan setiap warga sekolah terhadap penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran yang berpusat pada murid.
CGP juga tentunya akan meningkatkan kembali potensi serta pemahaman dengan
terus meningkatkan keprofesionalitasan sebagai guru. Hal ini akan semakin
menguatkan pemahaman dan akan sangat berguna ketika guru akan
mengimplementasikan program di sekolah .
Kegiatan berbagi pengalaman berdasarkan refleksi dari kegiatan yang sudah
dilakukan , hal ini juga sangat akan bermanfaat untuk mengembangkan program
yang sudah dan sedang berjalan selama ini. Hal ini tentunya akan memberikan
pengalaman dan memberdayakan potensi guru untuk semakinmenyempurnaan program .
Terakhir, terbentuknya budaya positif sekolah, terlihat kolaborasi dan
koordinasi yang baik , diantara warga sekolah, tercipta keharmonisan dan
sekolah nampak sebagai sebuah institusi
yang menjunjung moral dan nilai kebajikan, selaras dengan program
pembelajaran yang dicanangkan berupa
program , strategi mewujudkan profil pelajar Pancasila.
Komentar
Posting Komentar